Jun 27, 2010

Mau Berhenti Merokok?


Minum air dingin dan ngemil


Minum air dingin dapat menggantikan rasa ingin menghisap rokok. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa meminum / menyeruput air dingin terutama menggunakan sedotan dapat membantu pelepasan dopamine, yaitu suatu senyawa otak yang dapat memberikan kesenangan yang membantu mengurngi mood yang buruk.
Ngemil dapat juga menghambat kebutuhan atau mengalihkan kebutuhan untuk merokok, pilihlah cemilan yang sehat agar tidak meyebabkan peningkatan berat badan.
Sadari keuntungan yang bisa anda dapatkan

Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati keuntungan dari berhenti merokok. Coba tuliskan dalam secarik kertas keuntungan-keuntungan yang bisa anda dapatkan bila berhenti merokok., misalnya uang yang bisa anda tabung atau gunakan untuk keperluan lain dibandingkan dengan membeli rokok, bisa juga dicoba mengumpulkan uang yang seharusnya dibelikan rokok kedalam sebuah toples maka akan anda lihat berapa banyak uang yang terkumpul jika anda berhenti merokok, bau mulut yang berubah, merasakan makanan lebih nikmat, dll.

Gosok gigi anda secara rutin

Salah satu keuntungan berhenti merokok adalah aroma atau bau mulut yang jadi lebih segar dan lidah kita dapat merasakan makanan lebih baik. Gosok gigi anda secara rutin. Sehingga anda akan menghindari rokok untuk dapat merasakan aroma mulut yang lebih baik dan kesegaran lebih dimulut anda.

Hindari alkohol

Meminum alcohol merupakan salah satu alas an mengapa seseorang kembali merokok. Ada beberapa alas an yaitu, alcohol dapat mengoyahkan komitmen kita untuk berhenti merokok. Pada sebagian besar orang, meminum alcohol biasanya di ikuti dengan merokok, maka alkohol bisa menjadi pemicu anda untuk kembali merokok.

Temukan dan tentukan area bebas rokok anda

Ketika hasrat untuk merokok dating, pergilah ketempat dimana anda tidak bisa merokok seperti perpustakaan, took, bioskop dll.semakin sering anda mengalihkan keinginan merokok anda, semakin mudh jalan anda untuk berhenti merokok.

Ingat alasan anda berhenti merokok

Tulislah di secarik kertas alas an anda untuk berhenti merokok, letakkan ditempat yang mudah untuk dibaca atau dilihat, seperti dapur, kamar tidur, kamar mandi, tempat kerja, dll. Yakinkan anda melihat dan membaca tulisan tersebut sesring mungkin. Pada beberapa mantan perokok, mereka mengatakan bahwa meletakkan foto keluarga dan orang tercinta pada secaik kertas alasan anda berhenti merokok sangat sangat membantu.

Tingkatkan aktifitas fisik atau olahraga anda

Aktifitas fisik merupakan pengalihan yang kuat dari keinginan merokok. Ketika badan anda aktif, tubuh mengeluarkan zat yang dapat meningkatkan mood dan membantu mengurangi stress. Joging atau berjalan kaki merupakan salahsatu aktifitas yang paling mudah kita lakukan, tetapi lebih baik memilih beberapa olahraga atau aktifitas fisik sehingga anda tidak bosan dan dapat mempertahankan motivasi dan keinginan anda untuk berhenti merokok.minggu pertama proses berhenti merkok merupakan Saat-saat, disarankan untuk memadatkan aktifitas fisik anda setiap hari.

Sibukkan diri Anda

Selama minggu pertama berhenti merokok, pastikan anda membuat jadwal kegiatan yang dapat menyibukkan diri anda, seperti pekerjaan, kegiatan bersama teman atau keluarga, terutama kegiatanyang anda benar-benar nikmati atau sukai. Cobalah terus kendalikan hasrat ingin merokok anda.

Alihkan rokok dari mulut anda

Sediakan permen, atau permen karet, cemilan-cemilan kecil, yang dapat bemanfaat ketika hasrat ingin merokok muncul.

Minta Dukungan

Mintalah dukungan dari orang-orang seitar anda, yang terbaik adalah keluarga dan teman anda yang sudah berhasil berhenti merokok. Tetapi pada dasarnya siapa pun bisa mendukung anda asalkan orang yang peduli pada anda dan yang menginginkan anda untuk berhenti merokok.

Batasi Caffeine terutama kopi

Caffeine dapat membanu anda tetap terjaga dan focus. Tapi efek samping dari cafeein terutama kopi jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman terutama pada anda yang berusaha untuk berhenti merokok. Cobalah anda kuragi kopi atau caffeine selama anda berusaha untuk berhenti merokok terutama pada minggu-mnggu awal.

Hati-hati terhadap bad mood

Emosi negatif (depresi, kemarahan, frustasi) adalah alas an yang umum pada untuk kembali merokok.Bad mood terutama sangat sering muncul pada minggu-minggu awal anda berhenti merokok. Bila ini muncul cailah jalan keluar seperti berkumpul bersama keluarga atau teman yang mendukung anda, atau lakukan aktifitas yang sangat anda sukai selain merokok.

Jauhi lingkungan yang tidak mendukung

Tidak semua keluarga atau teman mendukung anda. Bahkan beberapa justru menginginkan atau terus menggoda anda untuk merokok. Jika anda temukan orang-orag ini hindarilah, jika tidak bisa coba jelaskan keinginan anda dan minta dukungan dari mereka.

Sabar dan tetap bersemangat

Ketika anda behasil melewati 2 minggu pertama berhenti merokok, maka anda akan semakin dekat dengn tujuan anda berhenti merokok. Kesabaran dan tetap bersemangat menjadi penggerak utama pada diri anda untuk berhenti merokok, terutama saat keragu-raguan muncul. Jika keragu-raguan muncul, pikirkan trik atau strategi lain yang dapat membantu anda tetap focus.