Jun 22, 2010

Catatan Rubrik Kesehatan ( tumbuh kembang anak - 2 )

Rubrik Keluarga, Harian Mitra Dialog – Cirebon –
Konsultasi Kesehatan
Sabtu-Pon, 21 November 2009 (3 Dzulhijjah 1430 H)


ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb.
Membaca Harian umum Mitra Dialog edisi sabtu (14/11) lalu, saya tertarik menanyakan hal yang sama tentang pertumbuhan anak saya yang berumur 2 tahun 3 bulan dengan berat badan 10 kg.
Pertumbuhan sesuai umurnya tapi yang menjadi masalah sampai sekarang anak saya tidak bisa mengunyah makanan pada. Saya selalu mencba memberikan makanan padat, naming dimuntahkan kembali. Sehingga saya memberikan susu yang mengandung mkanan meskipun harganya mahal.
Apakah yang mengakibatkan anak saya tidak bisa makan makanan bentuk padat? Bagaimana dampaknya untuk perkembangan anak saya, dok? Terima kasih.

Tiara di Kalijaga
08156597xxxx


WAALAIKUM SALAM Wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan ibu Tiara. Seperti pembahasan minggu lalu, mari kita nilai pertumbuhan anak ibu. Untuk usia 2 tahun 3 bulan idealnya berat badan antara 11-16 kg dengan tinggi badan minimal 83 cm. perkembangan anak seusia ini seharusnya bisa berkomunikasi dengan baik, bermain-main dll.
Berdasarkan informasi yang ibu Tiara berikan, sejauh ini anak ibu tidak mengalami gangguan dalam proses menelan karena masih dapat menelan walaupun makanan cari dan lunak.
Saya sarankan anak ibu terus dilatih perlahan-lahan dan bertahap, mulai dari makanan cair yang dikombinasikan dengan makanan lunak hingga makanan padat dengan perbandingan yang terus meningkat antara makanan cair da padat. Diharapkan anak ibu mulai terbiasa walaupun membutuhkan proses dan kesabaran dari orang tua atau pengasuh atau dapat dicoba memberikan makanan padat yang dikombinasikan kuah sayuran yang sedikit dilembutkan.
Bila keadaan ini menetap sampai usia 3 tahun hanya dapat makan makanan cair/susu, konsultasikan ke rumah sakit atau dokter terdekat. Dampaknya sejauh ini belum ada untuk perkembangan, asalkan asupan gizinya tercukupi untuk mendukung perkembangan otaknya. Yang paling mungkin pengaruh terhadap bentuk dan susunan gigi geligi walaupun harus dengan proses yang lama. Semoga penjelasan saya cukup dipahami. Mohon maaf bila terapat kekurangan dan selamat berlatih.
-dr.Kurniawan Oki P-