Jun 18, 2010

Sekitar Bau Mulut / Halitosis

Kenapa nafas kita bisa bau...?

Penyebab utama bau mulut bukan makanan, tetapi bakteri yang ada dimulut kita. Bakteri yang terdapat dimulut kita menghasilkan komponen sulfur yang menyebabkan bau mulut.

American Dental Association menyarankan : Sikat gigi 2 kali sehari, gunakan dental floss satu hari sekali dapat mengurangi sisa makanan yang daat menjadi pemicu bau mulut.

Penting juga untuk kita membersihkan lidah kita.

Alkohol dapat menyebabkan mulut kering (saliva/air liur berkurang) yang menyebabkan bau mulut bertambah buruk.


Bau Mulut Dapat Menjadi Tanda-Tanda Penyakit Lain.

Jika anda sudah memperbaiki kebersihan mulut dan merubah pola makan, bau mulut nda tidak hilang, sudah saatnya anda memeriksakan diri pada dokter atau dokter gigi anda.

Kondisi medis lain yang dapat menyebabkan bau mulut :

Sinusitis & post nasal drip (ingus kita yang turun lewat rongga belakang hidung yang terhubung dengan mulut tenggorokan dan kerongkongan )

Penyakit periodontal. Seperti inflamasi serius pada gusi yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan tulang.

Penyakit pada paru-paru, ginjal dan penyakit liver, iritasi kronik pada lambung dan kerongkongan (dyspepsia syndrom), penyakit autoimun seperti Sjogren's syndrome, dapat meyebabkan halitosis (bau mulut)

Mulut kering kronis (xerostomia), dapat menyebabkan pertumbuhan bkteri mulut meningkat. Mulut kering dapat disebabkan oleh berbagai penyebab seperti obat-obatan, gangguan kelenjar air liur, kebiasaan bernafas melalui mulut, dll.

Diet rendah kalori & tinggi protein nabati, dapat memicu pemecahan lemak dalam tubuh yang apat menyebabkan kondisi ketoasidosis yang dapat muncul juga pada penerita diabetes yang tidak terkontrol.

Bila anda mengalami halitosis / bau mulut yang berkepanjangan hubungi dokter / dokter gigi anda, sebelum kepercayaan diri anda semakin berkurang.