Jun 27, 2010

Beras Merah vs. Beras Putih : Mana Yang Lebih Baik?

Mengganti Beras Putih dengan Beras Merah Dapat Menurunkan Resiko Diabetes Mellitus Tipe 2
14 Juni 2010 – Berdasarkan penelitian terbaru, memakan beras merah dapat menurunkan resiko berkembangnya diabetes mellitus tipe 2. Peneliti dari Harvard School of Public Health mengemukakan bahwa mengkonsumsi 2 atau lebih porsi beras merah setiap minggu berhubungan dengan penurunan resiko diabetes mellitus tipe 2. Para peneliti ini juga mengemukakan, mengkonsumsi lima atau lebih porsi beras putih berhubungan dengan peningkatan resiko diabetes mellitus.

Qi Sun, MD, Salah seorang instruktur kesehatan di Brigham and Women’s Hospital in Boston, dan beberapa peneliti dari Harvard, mengemukakan bahwa mengganti 50 gram beras putih dengan beras erah dengan jumlah yang sama akan menurunkan resiko diabetes mellitus tipe 2 sebanyak 16%.
Mengganti beras putih dengan sumber karbohidrat lain seperti gandum atau jagung dengan jumlah yang sama menurunkan resiko sebanyak 36%. Penelitian ini kemukakan dalam jurnal online Archives of Internal Medicine. Penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat.

Beras Merah Dapat Menurunkan Resiko Diabetes Mellitus

Penelitian ini memeriksakan konsumsi beras putih dan resiko diabetes mellitus pada 39765 pria dan 157463 wanita dalam tiga gelombang penelitian besar (the Health Professionals Follow-Up Study and the Nurses’ Health Study I and II).
Para peneliti menganalisa kuisioner setiap 4 tahun sekali tentang diet, gaya hidup dan kondisi kesehatan. Setelah dilakukan analisa dari hasil kuisioner tersebut, ditemukan bahwa yang mengkonsumsi 5 atau lebih porsi beras putih setiap minggunya mempunyai 17% peningkatan resiko menderita diabetes mellitus.
Tetapi mengkonsumsi beras merah sebanyak 2 porsi atau lebih per minggu berhubungan dengan penurunan resiko diabetes mellitus tipe 2 sebanyak 11%, bila dibandingkan dengan yang mengkonsumsi beras merah kurang dari 1 porsi sehari.
Beras putih mempunyai indeks glikemi lebih tinggi dari beras merah. Sebagai info, indeks glikemi adalah seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah dibandingkan dengan glukosa dengan jumlah yang sama..

Penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat, yang kebiasan konsumsi karbohidrat berbeda dengan kita yang berada di Indonesia, tetapi dapat kita ambil kesimpulan bahwa konsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih dapat menurunkan resiko diabetes mellitus. Semoga bermanfaat selamat mecoba beras merah..