Jun 22, 2010

Catatan Rubrik Kesehatan (jerawat)

Rubrik Keluarga, Harian Mitra Dialog – Cirebon –
Konsultasi Kesehatan
Sabtu-Legi, 19 Desember 2010 (2 Muharam 1431 H)


Halo dok, saya seorang perempuan berusia 33 tahun, saya punya masalah kulit muka dengan kemunculan jerawat yang tak kunjung hilang gara-gara memakai salah satu produk pemutih. Apakah ini akibat tidak cocok ya, dok? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Diah di Kalitanjung
08132455xxxx
Halo juga bu Diah, jerawat merupakan kondisi abnormal pada kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kuli. Peradangan pada kulit terjadi jika kelenjar minyak memproduksi secara berlebihan dan berinteraksi dengan bakteri.
Produk pemutih yang beredar d pasaran pada umumnya mempunyai efek pengelupasan lapisan kulit. Untuk sebagian orang yang memiliki kecenderungan kulit sensitive biasanya efek samping yang muncul akibat pemakaian produk pemutih adalah kulit kemerahan, pedih seperti terbakar, kulit kering dan pecah-pecah, reaksi alergi serta dapat mencetuskan munculnya penyakit kulit lain seperti jerawat.
Oleh karena itu, penggunaan produk pemutih kulit harus disesuaikan dengan keadaan kulit yang bervariasi tiap individu. Saran saya untuk anda, stop pengunaan produk pemutih tersebut. Bila ingin menggunakan produk pemutih sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis kulit terdekat.
Kita juga harus berhati-hati terhadap produk pemutih yang dibuat bukan oleh ahlinya dan dengan bahan-bahan yang komposisinya tidak disesuaikan dengan kondisi kulit pasien, yang dapat berbahaya bagi kesehatan kulit kita. Semoga penjelasan saya dapat membantu anda dan pembaca lain. Terima kasih, salam.
-dr. Kurniawan Oki P-