Jun 27, 2010

Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anda

Caffeine

Caffein dapat menyebabkan kita terjaga dan membantu kita untuk focus dan konsentrasi, banyak terdapat dalam kopi, coklat dan minuman – minuman energy. Efek dari caffeine singkat dan apabila berlebihan dapat memberikan efek deg-degan dan rasa tidak nyaman.

Gula

Gula merupakan sumber bahan bakar utama otak. Gula disini bukan gula putih atau gula merah yang ada di dapur rumah kita, tapi gula yan dimaksud disini yaitu glukosa yang tubuh kita dapatkan dari metabolism gula dan karbohidrat yang kita makan. Maka dari itu, segelas minuman yang manis dapat cepat meningkatkan memori kita, proses berpikir dan keampuan mental, walaupun hanya berefek sesaat. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan menyebabkan penurunan memori atau pada sebagian orang malah mengantuk, seperti setelah makan banyak.

Sarapan

Masih berpikir untuk menunda sarapan? Sebuah penelitian mengemkakan bahwa sarapan dapat meningkatkan memori jangka pendek dan konsentrasi. Para pelajar yang sarapan menunjukkan performa yang baik dari pada yang menunda sarapan. Sarapan yang baik untuk otak adalah yang mengandung serat tinggi, produk yang berasal dari susu dan buah-buahan. Tetapi jangan sarapan terlalu banyak juga, para peneliti juga menemukan makan sarapan terlalu banyak atau terlalu tinggi kalorinya dapat mengurangi konsentrasi alias mengantuk.

Ikan

Merupakan makanan yang baik untuk otak karena kaya akan omega 3 yang penting untuk fungsi otak dan perkembangan otak. Konsumsi omega 3 yang tinggi dapat mengurangi resiko demensia dan stroke; serta memperlambat peurunan kondisi mental ; dan mempunyai peran penting untuk kemampuan memori dan ingatan terutama pada usia lanjut.
Untuk otak dan jantung yang sehat konsumsi ikan 2 porsi per minggu.

Kacang – kacangan dan Coklat
Kacang-kacangan meupakan sumber antioksidan yang baik yaitu vitamin E, yang berhubungan dengan penurunan fungsi kognitif pada usia lanjut. Coklat (dark chocolate-terutama) juga mempunyai efek antioksidan yang kuat, dan juga mengandung stimulant alami seperti caffeine yang dapat meningkatkan konsentrasi dan pikiran menjadi focus.