Jun 23, 2010

Badan anda bau?

Para peneliti dari Vanderbilt University in Nashville, Bau badan (bromhidrosis) dipengaruhi oleh lingkungan, diet dan faktor genetik. Biasanya bagi anda yang mempunyai masalah bau badan, anda lebih tertarik untuk menguranginya dibanding mencari asal muasal kenapa badan anda bau.

Dibawah ini ada tips untuk mengurang bau badan yang dapat dilakukan sendiri di rumah anda.

1. Jaga kebersihan tubuh

Mandi sekurang-kurangnya 1 kali sehari. Dengan mandi anda membersihkan tubuh anda dari sisa keringat dan bakteri pada kulit anda.

Perlu anda ketahui bahwa keringat itu tidak berbau. tetapi ketika bakteri yang hidup di kulit kita bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak secara cepat, perpaduan inilah yang menyebabkan bau. Jadi mandi dengan membersihkan daerah-daerah yang banyak berkeringat dapat mengurangi bau badan.

Anehnya jika anda berkeringat dalam jumlah normal maka anda akan beresiko lebih tinggi mendapatkan bau badan dibandingkan dengan orang-orang yang berkeringat banyak atau sangat banyak (Hyperhidrosis). Ini dikarenakan ketika anda berkeringat banyak atau sangat banyak, keringat anda cenderung bekerja mencuci tubuh anda dari bau badan.

2. Gunakan sabun antibakteri

Menggunakan sabun antibakteri akan menurunkan jumlah bakteri yang otomatis mengurangi bau badan. Jangan lupa lihat di bungkus sabun tulisan "antibakteri"

3. Keringkan tubuh anda sekering-keringnya setelah mandi
Setelah anda mandi keringkanlah badan anda, terutama pada daerah-daerah yang cenderung berkeringat. Bakteri penyebab bau badan lebih sulit berkembang biak pada kulit yang kering.

4. Pakai deodorant atau antiperspirant

Setelah tubuh anda kering, gunakan deodoran atau antiperspirant pada ketiak anda. deodorant idak dapat mencegah keringat, tapi mengurangi atau menutupi bau dari bakteri pada kulit anda. Antierspirant mengandung aluminium klorida, suatu zat kimia yang dapat mengurangi jumlah keringat da dapat dicampurkan pada produk deodorant. Gunakan deodorant atau antiperspirant dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

5. Pakai pakaian yang bersih atau ganti pakaian anda jika kotor
Ganti pakaian anda ketika anda berkeringat. pakaian yang masih bersih dapat mengurangi bau badan.

Jangan lupa ganti kaus kaki anda sesering mungkin, terutama pada anda yang mempunyai masalah bau kaki alias bau jempol.Gunakan deodorant bubuk pada sepatu anda atau ganti sol bagian dalam sepatu anda secara rutin.