Jun 27, 2010

APA YANG ANDA MAKAN MEMPENGARUHI TIDUR ANDA


Anda megalami kesulitan tidur atau bahkan insomnia? Berikut ini beberapa makanan atau minuman yang berpengaruh terhadap tidur anda.

Makan makanan yg mengandung Tryptophan
Kita pasti sudah pernah mendengar susu hangat dapat membawa kita masuk ke alam mimpi lebih cepat. Apakah anda mengetahui penyebabnya? Produk-produk susu banyak menandung tryptophan, yang merupakan zat yang dapat membawa kita tertidur. Makanan lain yang mengandung tryptophan seperti : bebek, angsa, ayam kalkun, pisang gandum dan madu.

Cemilan sebelum tidur
Mengkonsumsi semangkuk sereal dengan susu, yogurt dan biscuit atau roti dengan isi keju sbelum waktu tidur dapat membuat anda tidur nyenyak. Tetapi porsinya jangan terlalu banyak karena akan memperberat fungsi pencernaan, membuat anda tidak nyaman dan menghambat proses tidur anda.

Hindari fast food
Penelitian menemukan bahwa, fast food atau makanan tinggi lemak selain dapat meningkatkan berat badan anda, juga dapat mengganggu siklus tidur anda, percaya atau tidak?

Hati-hati terhadap Caffeine
Seperti kita ketahui, minum kopi di malam hari akan menyebabkan kita terjaga. Tetapi perlu anda ingat sumber caffeine bukan hanya ada di dalam kopi. Caffeine dalam jumlah sedikit juga sudah dapat membuat tidur anda tertunda. Yang perlu kita hindari sumber – sumber caffeine lain selain kopi, yaitu coklat, cola, teh, minuman energy, dan lain-lain. Untuk tidur lebih baik hindari kopi atau sumber caffeine lain semenjak sore.

Obat-obatan yang mengandung caffein
Beberapa obat-obatan mengandung caffeine seperti penghilang nyeri, pil diet, diuretic, dan obat demam. Beberapa obat juga mengandung kadar caffeine yang lebih tinggi daripada kopi. Konsultasikan ke dokter anda atau baca label obat, apakah mengandung caffeine atau dapat menyebabkan insomnia.

Jangan terlalu kenyang dan hindari makanan pedas
Tiduran dengan perut yang penuh pasti tersas tidak nyaman, apalagi system pencernaan anda akan berjalan lambat selama anda tidur. Makanan yang menyebabkan rasa nyeri di perut terutama bagi anda yang menderita gastritis atau maag harus dihindari, seperti makanan pedas karena akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Yakinkan bahwa anda tidak makan makanan berat selama 4 jam sebelum tidur, agar tidur anda menyenangkan.

Hindari cemilan tinggi protein
Protein sangat baik untuk tubuh kita, tapi merupakan pilihan yang tidak baik untuk cemilan malam (bedtime snack). Protein lebih sulit untuk dicerna, jadi hindarilah. Pilihannya lebih baik meminum susu hangat atau cracker atau seperti yang sudah dituliskan di bagian cemilan sebelum tidur.

Hindari minum banyak sebelum tidur.
Minum air baik untuk tubauh dan dapat mencegah dehidrasi. Tapi minum terlalu banyak sebelum tidur tidak dianjurkan karena keinginan anda untuk buang air kecil akan meningkat juga, yang dapat menggangu tidur anda.

Rokok dapat membantu tidur ?
Nikotin merupakan stimulant dengan efek menyerupai caffeine. Oleh karena itu hindari merokok disekitar waktu tidur anda atau ketika anda terbangun di malam hari.