Jun 22, 2010

Catatan Rubrik Kesehatan (keputihan)

Rubrik Keluarga & Hiburan, Harian Mitra Dialog –Cirebon-
Konsultasi Kesehatan
Sabtu-Pon, 6 Maret 2010, 19 Rabiul Awal 1431 H


ASSALAMUALAIKUM dok, saya Eva di Sutawinangun. Saya ada keluhan pada bagian kewanitaan. Saya mengalami keputihan yang cukup menggangu. Awalnya setelah menstruasi saya mendapat keputihan, kali ini keputihannya berwarna dan juga berbau. Saya sangat risih mengalaminya. Bagian perut sebelah kiri saya juga sering sakit. Saya sudah mencoba memakai produk pembersih kewanitaan di apotek terdekat, tapi belum berhasil.
Apa penyebab dari keputihan saya itu dok? Apa ada kaitannya dengan sakit perut saya itu/ apa ada obatnya dan apa yang sebaiknya saya harus lakukan dok? Terima kasih atas jawaban yang dokter berikan.
Eva dari Sutawinangun
08818158xxx
WAALAIKUM SALAM Mba Eva, keputihan memang sering dikeluhkan oleh sebagian besar wanita, yang sebenarnya merupakan salah satu respon pertahanan tubuh di area kewanitaan.
Dalam batas normal, keputihan dapat diatasi dengan menjaga kebersiha area kewanitaan. Salah satunya dengan cairan pembersih area kewanitaan dll. Yang perlu kita waspadai bila keputihan tersebut terdapat tanda-tanda seperti : jumlahnya yang bertambah, frekuensi dan durasi keputihan bertambah, muncul busa atau buih, terdapat perubahan warna, muncul bau tak sedap, gata-gatal di area kewanitaan dan nyeri di perut bawah kanan atau kira. Apabila muncul satu atau lebih tanda-tanda tersebut kita harus lebih berhati-hati karena kemungkinan munculnya infeksi yang dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit atau bahkan tanda-tanda keganasan atau kanker dan kelainan hormonal di organ reproduksi dan kewanitaan.
Gejala yang dirasakan mba Eva termasuk dari tanda-tanda yang harus diwaspadai. Untuk mengetahui penyebabnya harus diperiksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat dan dapat dilakukan pemeriksaan tambahan seperti : pemeriksaan cairan keputihan dan USG untuk melihat kondisi organ-oran reproduksi. Sehingga pengbatan dapat diberikan secara lebih spesifik. Semoga penjelasan saya dapat membantu mba Eva.
-dr. Kurniawan Oki P.-