Nov 3, 2010

Menghilangkan Varises atau Varicose

Apa Itu Varises (Varicose) ?

Varises atau varicose merupakan pelebaran pembuluh darah vena yang menjadi bengkak dan berkelok-kelok. Wananya bisa biru gelap atau berbentuk saluran panjang dikulit yang berkelok-kelok. Varises atau varicose dapat muncul di seluruh tubuh, paling sering muncul di kaki dan ankle.





Pengobatan Varises atau varicose

Stocking

Ini merupakan pengobatan paling sederhana untuk varises atau varicose, biasanya disebut sebagai “compression stockings”, dapat memperbaiki sirkulasi dan meredakan nyeri serta rasa tidak nyaman akibat varises.

Gaya Hidup Sehat

Menurunkan berat badan dan olahraga “jalan sehat” secara rutin dapat mengurangi gejala varises. Saat istirahat berbaring, letakkan kaki anda lebih tinggi dari jantung anda, misalnya menggunakan bantal untuk menopang kaki.





Sclerotherapy

Sclerotherapy mengurangi lebih dari 80% varises. Dokter akan menyuntikkan  cairan kedalam pembuluh vena yang terkena varises atau varicose. Pengobatan ini membutuhkan keahlian dan ketrampilan yang tinggi, karena jika salah akan menimbulkan efek samping.

Sebelum & Sesudah sclerotherapy

Terapi  Laser

Terapi Laser therapy menghancurkan varises dengan panas. Panas yang dihasilkan akan menyebabkan terbentuknya jaringan parut yang dapat menutup pembuluh darah vena yang terkena varises.Terapi laser bekerja lebih lambat dari sclerotherapy. Biasanya membutuhkan lebih dari satu kali pengobatan untuk memberikan hasil.
Sebelum & sesudah laser therapy


Pembedahan


Untuk varises yang terlalu besar untuk dilakukan sclerotherapy atau terapi laser, pembedahan merupakan salah satu pilihannya. Terapi ini dilakukan di kamar operasi dengan pembiusan umum. 9 dari 10 orang berhasil menghilangkan varises atau varicose dengan terapi pembedahan.


Endovenous Laser

Endovenous laser adalah salah satu alternatif pengobatan varises atau varicose yang terbaru. Penelitian menyebutkan bahwa 98% pengobatan dengan teknik ini berhasil. Pasien juga merasakan rasa nyeri yang cepat hilang dan pulih dengan tehnik ini.

Radiofrequency Ablation

Radiofrequency ablation adalah salah satu pilihan lain untuk mengobati varises atau varicose yang besar. Prinsipnya sama dengan tehnik endovenous laser, yaitu memasukan alat ke dalam pembuluh darah yang terkena varises kemudian mengeluarkan panas yang menyebabkan pembuluh darah kolaps.Hasilnya mirip dengan pembedahan tetapi dengan rasa nyeri dan resiko yang lebih rendah.

Mencegah Varises atau Varicose

Olahraga yang teratur, yang dapat mengurangi atau menjaga berat badan anda tetap ideal, otot sehat dan aliran darah yang lancar. Dan jika anda sedang hamil, coba anda tidur miring ke kiri  lebih baik daripada anda telentang..

Sumber : WebMD