Oct 2, 2010

Manfaat Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang paling aman dan paling efektif. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan system imun, mencegah penyakit kardio vaskuler, gangguan kesehatan pada saat kehamilan dan melahirkan, penyakit mata dan bahkan kerut pada kulit.





Berapa Banyak Vitamin C Kita Konsumsi?

Beberapa penelitian menyebutkan, jumlah vitamin C yang baik dikosumsi untuk kesehatan adalah 500mg/hari. Vitamin C bersifat asam, maka disarankan mengkonsumsi vitamin yang telah diolah sedemikian rupa aman untuk lambung kita. Jumlah maksimal konsumsi vitamin C adalah 2000mg/hari.

American Dietetic Association melalui juru bicaranya Dee Sandquist, RD,menyarankan anda mendahulukan mengkonsumsi sumber vitamin C dari Buah dan Sayuran daripada suplement makanan, karena selain anda mendapatkan vitamin C anda juga mendapatkan manfaat dari sumber vitamin lain, mineral dan phytochemical yang baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan secara umum.



Berikut contoh sumber bahan makanan vitamin C
• Jus Jeruk, 1 gelas: 97mg
• Brokoli, 1 porsi: 74mg
• Kol, 1/2 porsi: 40mg
• Kiwi, 1 buah: 70mg
• Jus Tomat, 1 gelas: 45mg.



Manfaat Vitamin C

Berdasarkan penelitian tenang Vitamin C, berikut manfaatnya bagi kesehatan :

  1. Stress. "Meta-Analisis terbaru menyebutkan, vitamin C baik dikonsumsi oleh orang yang kondisi imun atau pertahanan tubuhnya berkurang atau terganggu akibat stress – yang merupakan kondisi paling banyak terjadi-. Karena vitamin C merupakan nutrient yang mengurangi akibat alcohol, merokok dan obesitas. 
  2. Flu. Ketika kit enderita flu, vitamin C memang bukan yang untuk mengobatinya. Tapi berdasarkan penelitian terbaru menyatakan, vitamin C dapat mencegah berlanjutnya penyakit dan munculnya komplikasi penyakit.
  3. Stroke. Salah satu penelitian yang tercantum dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition , menyatakan bahwa individu yang didalam darahnya mengandung vitamin C mempunyai resiko yang lebih rendah untuk terjadinya stroke (42%)
  4. Kulit Keriput. Vitamin C mempunyai efek pada sel tubuh bagian dalam ataupun bagian luar tubuh. Salah satu penelitian yang tercantum dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa adanya hubungan antara zat gizi yang kita konsumsi dengan penuaan pada kulit (4025 wanita usia 40-47 tahun). Dari hasil penelitian tersebut konsumsi vitain C yang cukup dan baik, berhubungan dengan jumlah kerutan di kulit, kulit kering dan kulit terlihat awet muda.
Penelitian lain menyebutkan bahwa vitamin C juga :
• Memperbaiki degenerasi macula
• Mengurangi inflamasi.
• Mengurangi resiko kanker dan penyakit kardio vaskuler

Vitamin C Di Dalam Tubuh Kita

Vitamin C, atau asam ascorbic penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan sel tubuh yang rusak. Juga berpengaruh pada proses dalam tubuh seperti
·         Pembentukan kolagen,
·         Penyerapan zat besi,
·         Sistem imun tubuh,
·         Penyembuhan luka
·         Memelihara tulang, tulang rawan dan gigi.

Vitamin C Juga merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas di tubuh seperti polusi udara dan rokok. Radikal bebas dapat memacu penyakit kanker, arthritis dan penyakit jantung.
Vitamin C tidak disimpan dalam tubu, karena jika tidak terpakai atau berlebihan akan langsung dibuang dari tubuh. Tapi disarankan jangan lebih dari 2000mg/hari karena dapat menyebabkan gastritis dan diare.

Vitamin C mudah diabsorbsi baik dalam bentuk pill maupun makanan, dan dapat meningkatkan absorbs zat besi dalam tubuh jika dimakan bersamaan.

Kekurangan vitamin C biasanya ditemukan pada orang dengan kondisi kurang gizi, tanda-tanda kurang vitamin C :
·         Mudah sariawan
·         Badan cepat lelah dan lemah
·         Anemia
·         Badan mudah lebam
·         Mudah berdarah
·         Gigi mudah copot
·         Dll