Jul 17, 2010

Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh

Elderberry
Merupakan buah yang sudah turun temurun digunakan untuk mengobati flu. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa elderberry dapat mempercepat penyembuhan sakit flu. Buah ini kaya akan antioksidan dan mempunyai efek antiinflamasi. Kekurangannya adalah sulit ditemukan di Negara kita tercinta Indonesia.

Jamur Kancing
Merupakan sejenis jamur. Jamur ini mengandung selenium, anti oksidan, vitamin B seperti riboflavin dan niacin yang berperan dalam system imun kita. Pada percobaan hewan menunjukkan bahwa jenis jamur ini menunjukkan efek antivirus, antibakteri dan anti tumor. Jenis jamur ini sepertinya jarang kia lihat di Indonesia, kita lebih familiar dengan jamur kuping, smoga mempunyai efek yang sama.

Acai Berry
Salah satu jenis berry, mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin tinggi. Antioksidan ini membantu kita untuk melawan penyakit dan menghambat proses penuaan. Sama seperti jenis berry lainnya, buah ini masih sulit untuk kita temukan di Indonesia.

Tiram / oyster
Banyak mengandung zinc. Kekurangan zinc berhubungan dengan infertilitas atau kemandulan pada pria. Zinc ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempunyai efek antivirus. Merupakan mineral yang penting untuk respon imun dan penyembuhan luka.

Semangka
Semangka banyak mengandung beberapa antioksidan seperti, glutathoin (salah satu antioksidan kuat) dan meningkatkan system imun kita untuk melawan infeksi.

Kol
Merupakan sumber anti oksidan kuat yaitu glutathoin. Kol sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Kacang Almonds
Satu genggam kacang almond dapat meningkatkan system imun kita dan mengurangi efek stress. Salain itu juga mengandung vitamin E yang meningkatkan system imun, vitamin B seperti riboflavin dan niasin,

Anggur
Anggur mengandung banyak vitamin C, flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kurang suka dengan anggur ? anda bisa coba jeruk atau jeruk keprok.

Yogurt rendah lemak
Minum yogurt rutin 1 kali per hari dapat menurunkan resiko terkena flu. Yogurt juga kaya akan vitamin D.

Bawang putih / garlic
Garlic merupakan sumber bermacam-macam antioksidan. Yang paling utamanya adalah dapat melawan bakteri H. pylori, bakteri yang berhubungan dangan penyakit lambung seperti gastritis, ulkus, dan kanker lambung. Tips mengolah garlic : kupas dan cincang / iris tipis bawang putih diamkan selama 15 sampai 20 menit untuk mengaktifkan enzim-enzim peningkat daya tahan tubuh.

Bayam
Merupakan makanan kegemaran Popeye untuk menjadi kuat. Bayam mengandung asam folat yang membantu untuk pertumbuhan sel tubuh baru dan memperbaiki DNA yang rusak. Kaya akan serat, antioksidan seperti vitamin c dll. Makan bayam dalam keadaan segar atau diolah setengah matang untuk mendapatkan efek maksimal.

Teh
Teh hijau atau the hitam? Kedua-duanya mengandung polyphenols dan flavonoids yang berguna untuk melawan penyakit.

Ubi jalar
Seperti wortel, sayur ini juga mengandung beta karoten, yaitu antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Juga mengandung vitamin A yang berhubungan dengan proses penuaan dan mencegah kanker.

Brokoli
Penelitian menemukan bahwa brokoli dapat meningkatkan system imun pada tikus putih. Brokoli juga mengandung zat yang dapat melindung sel tubuh kita dari kerusakan. Vitamin A, C, dan glutathoin juga terkandung didalamnya.