Jul 8, 2010

Seputar Masalah Rambut Pada Pria


Ketombe yang rontok di pakaian kita

Ketombe bukan penyakit menular. Ketombe muncul karena adanya pertumbuhan jamur yang berlebihan.penyebab lainnya adalah kulit kepala yang berminyak atau terlalu kering. Tetapi pada dasarnya keombe itu sendiri tidak berbahaya.

Tips pengobatan ketombe

Gunakan shampoo anti ketombe setiap hari, biarkan shampoo tersebut dikepala kita selama 5 menit, lalu bilas sampai bersih. Mungkin kita harus mencoba lebih dari satu shampoo anti ketombe untuk mengetahui jenis shampoo mana yang cocok untuk kulit kepala kita.

Ketombe yang berwarna kekuningan atau berminyak?

Jika rontokan ketombe anda berwarna kuning dan berminyak, anda mungkin saja menderita dermatitis seborhoic. Ini merupakan kondisi yang terjadi pada kulit yang mempunyai banyak kelenjar minyak seperti klit kepala dan wajah. Dermatitis seborhoic berhubungan dengan kondisi hormonal, jamur, bahkan kondisi neurologis. Pengobatannya dapat menggunakan shampoo anti ketombe atau pada kondisi yang berat dapat digunakan anti jamur atau hubungi dokter anda.

Rambut rontok

Beberapa ahli menyebutkan, rambut kita dapat rontok lebih dari 100 helai perhari. Hamper 90% dari 100.000 folikel rambut kita tumbuh tiap harinya. Sisanya 10% berada dalam kondisi istirahat atau tidak bertambah panjang (telogen) dan akan rontok kira-kira 2-3 bulan kemudian, dan digantikan dengan rambut baru.

Apa yang menyebabkan Telogen Effluvium?

Obat-obatan, diet yang ketat, stress, masalah tiroid dapat menyebabkan rambut kita berhenti tumbuh (telogen). Setelah 2-3 bulan kemudian rambut tersebut akan rontok. Kondisi ini yang disebut telogen effluvium.

Ganguan pada folikel rambut

Pada kondisi alopecia areata, system pertahanan tubuh kita menyerang folikel rambut kita, sehingga kebotakan muncul. Kebanyakan pria mempunyai satu atau dua bentuk pola kebotakan di kepalanya, seperti botak di depan atau botak di puncak kepala dan pada beberapa kasus botak seluruh kepala. Alopecia areata tidak berbahaya, tapi dapat menimbulkan damak psikologis yang besar.

Gen atau keturunan menyababkan 90% kebotakan pada pria

Kebotakan pada pria cenderung lebih kuat diturunkan dari genetic ibu daripada ayah.Jadi mulai ingat-ingat apakah kakek dari jalur ibu anda menderita kebotakan, ini bisa menjadi warning atau tanda-tanda bahwa anda akan mengikuti jejak kakek anda. Pengobatan untuk memperlambat kebotakan seperti minoxidildan finasteride.






Hindari terlalu lama terkena sinar matahari

Terlalu banyak terkena sinar matahari dapat menyebabkan rambut anda rapuh.

Makanan bergizi untuk rambut

Rambut kita membutuhkan protein dan zat besi untuk tumbuh sehat, ditambah dengan omega-3, zinc dan vitamin A. Zat tersebut banyak terkandung dalam ikan salmon (omega-3), bayam dan wortel (vitamin A), kacang-kacangan (selenium dan zinc), dan makanan rendah lemak dan serat tinggi baik untuk rambut anda.

Masih muda sudah tumbuh Uban ?

Uban atau rambu yang berubah menjadi putih tidak semua berhubungan dangan umur atau penuaan. Uban yang tumbuh lebih awal dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang buruk, anemia, penyakit tiroid, kekurangan vitamin B12 dan vitiligo.

Terlalu banyak gaya pada rambut

Penggunaan hair dryer, catok , bleaching,atau menyikat rambut dapat menyebabkan kerusakan lapisan kutikula pada rambut. Ketika kutikula lepas dan yang tertingal hanyalah bagian tengah rambut anda, maka akan terlihat kering dan suram.

Efek Samping Obat

Obat-obatan seperti : warfarin, gemfibrozil, antidepresan, beta bloker, NSAID, obat-obatan untuk asam urat, hipertensi, kemoterapi dan kontrasepsi dapat menyebabkan rambut rontok.

Pijat kepala berguna atau tidak?

Sampai sekarang tidak ada bukti ilmiah bahwa memijat kepala dapat mengurangi kerontokan rambut dan memperbaiki kondisi kulit kepala. Tetapi pijat kepala dapat mempengaruhi otak kita, masa sih..?

Kulit kepala kita dipenuhi oleh serabu saraf, yang menyebabkan kulit kepala kita sensitive terhadap rabaan. Mengosok atau memijat kepala anda dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan melepaskan ketegangan. Dan juga memacu pelepasan hormon seperti dopamine dan serotonin yng membuat kita merasa relaks dan nyaman. Jadi sudah jelaskan kenapa creambath itu enak.