Jul 28, 2010

Seputar Shampoo

Apa Isi Shampoo dan Cara Memilih Shampoo

Saat ini ada berbagai merk shampoo dari yang murah sampai mahal harganya, tapi tahukah anda apa saja isi shampoo dan cara memilih shampoo yang tepat untuk anda?

Berikut ini bahan-bahan yang terdapat di dalam Shampoo, anda bisa melihatnya di botol atau keasan shampoo.

Surfactant

alkyl monoglyceride, alkyl sulfosuccinate, ammonium lauryl sulfate, cocamidopropyl, cocamide DEA or MEA or TEA, cocamidopropyl betaine, distearyldimonium chloride, lauramide DEA, olealkonium chloride, sodium lauryl sulfate, sodium lauryl ether sulfate, tetrasodium EDTA

Ini merupakan zat yang bersifat membersihkan kotoran pada rambut anda. Biasanya terbuat dari minyak kelapa, minyak sawit atau minyak kedelai. Molekulnya yang unik dapat mengikat lemak atau kotoran sehingga mudah untuk larut dalam air.

Conditioners and moisturizers

Amine oxide, citric acid, fatty alcohols (cetyl, oleyl, or stearyl alcohol), glycerin, isopropyl palmitate, lanolin, panthenol, polyquaternium, silicones, sodium dihydroxide, stearalkonium chloride

Kalau surfactant yang membersihkan kotoran, conditioner dan moisturizer bekerja sebagai pelembut rambut yang dapat membuat rambut lemas seperti sutra.

Pengawet

DMDM hydantoin, guar, imidazolidinyl urea, iodopropynyl, isothiazolinone, sodium benzoate
Banyak dari bahan shampoo yang terbuat dari bahan organic, jika tidak diberikan pengawet, maka akan jadi media perkembangan jamur, bakteri dan ragi.

Bahan Shampoo Lain

Alpha hydroxy acids, antioxidants, natural oils, proteins, vitamins

Rambut merupakan serat yang mati, jadi bahan-bahan yang dapat bekerja pada kulit tidak akan bertahan lama dan banyak pengaruhnya pada rambut.Protein dapat bekerja sebagai conditioner, tapi efeknya hanya bertahan sebentar dan tidak dapat memperbaiki rambut.





Shampoo Apa Yang Cocok Untuk Anda?

Rambut berminyak
Gunakan Shampoo dengan conditioner yang sedikit.

Rambut Halus
Gunakan shampoo yang mengandung panthenol yang dapat membuat rambut anda terlihat lebih tebal.

Rambut Kering
Gunakan Shampoo yang banyak mengandung moisturizer

Rambut Berketombe
Gunakan shampoo anti ketombe yang mengandung zinc atau anti jamur

Rambut Rontok
Membutuhkan shampoo yang mengandung nutrisi untuk kulit kepala dan rambut dan jangan terlalu keras dalam mencuci rambut. Apabila kerontokan berlanjut hubungi dokter anda.



Semoga bermanfaat, memilih shampoo yang cocok memang tidak mudah, silahkan mencoba dan selamat memilih shampoo yang cocok untuk anda.