Jul 28, 2010

Bagaimana Memilih Rumah Sakit Yang Tepat Untuk Kita..?

Saat ini di berbagai kota di Indonesia jumlah rumah sakit terus bertambah, ada yang berlabel sebagai rumah sakit umum, pemerintah, ibu dan anak, khusus bedah, bahkan rumah sakit yang berlabel internasional yang masih menjadi kontroversi di Indonesia. Sebagai praktisi medis yang bekerja di Rumah Sakit, saya ingin membantu anda-anda bagaimana cara kita memilih rumah sakit, berikut di bawah ini tips yang dapat anda baca, saya dapatkan dari berbagai sumber dan artikel tentang memilih rumah sakit.

Cara Cepat Melihat Kualitas Rumah Sakit

Telah mendapatkan akreditasi baik dari pemerintah dalam hal ini Dep.Kes atau pun lembaga lain yang terpercaya.

Apakah Rumah Sakit tersebut dipercaya atau memberikan kepuasan Pasien atau klien bahkan perusahaan-perusahaan yang mempercayakan pelayanan kesehatan kepada Rumah Sakit tersebut.

Apakah dokter anda praktek di Rumah Sakit tersebut..?

Apakah Rumah Sakit tersebut melayani asuransi kesehatan anda..?

Apakah anda atau orang sekitar anda sehat dan puas setelah berobat di Rumah Sakit tersebut..?

Bandingkan Dengan Rumah Sakit Lain Yang Terdapat Disekitar.

Apakah Rumah Sakit Tersebut Terbiasa Atau Mempunyai Pengalaman Mengobati Penyakit Yang Anda Derita ?

Sebagai contoh, rumah sakit umum mempunyai cakupan penguasaan penyakit yang luas, apabila anda ingin lebih spesifik sesuai dengan penyakit anda, kunjungilah Rumah Sakit Khusus seperti, Khusus Mata, Kanker, Jantung, Ibu dan Anak dll.
Anda juga bisa memilih rumah sakit berdasarkan tenaga dokter yang tersedia, misalnya tenaga dokter spesialis yang menunjang penyakit anda.

Tingkat keberhasilan Rumah Sakit Menangani Suatu Kasus Penyakit Baik atau Buruk?

Penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit atau tenaga Dokter dan Medis yang telah terbiasa melakukan tindakan atau proseur tertentu maka hailnya semakin baik. Denga kata lain "practice makes perfect." Tanyakan dokter anda mengenai :
• Seberapa Sering tindakan atau prosedur penanganan medis tertentu dilakukan ?
• Seberapa sering dokter atau tenaga medis melakukan prosedur atau tindakan tersebut?
• Bagaimana hasilnya pada pasien ?

Apakah Rumah Sakit Tersebut Melakukan Quality Control Secara Teratur?

Tanyakan bagaimana cara Rumah Sakit tersebut memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas SDM, apakah ada audit medis dan pelayanan pada kasus-kasus khusus. Bagaimana cara Rumah Sakit memberikan kepuasan terhadap klien atau konsumen. Bagaimana kesejahteraan para pegawai Rumah Sakit tersebut (biasanya berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan)



Semua tergantung dari anda sendiri, apakah anda memilih pelayanan yang baik (petugas, dan fasilitas rumah sakit), Tingkat kesembuhan atau penanganan medis, Biaya atau ketiga-tiganya. Pastikan Rumah Sakit yang anda pilih merupakan yang terbaik untuk anda.

Web site: http://www.thehealthpages.com/articles/ar-hosps.html
Web site: http://www.healthscope.org/hospitals/default.asp