Jul 5, 2010

Catatan rubrik kesehatan (gatal-gatal dikulit)

Rubrik Keluarga & Hiburan, Harian Kabar Cirebon

Konsultasi Kesehatan
Sabtu-Pon, 8 Mei 2010 (20 Jumadil Awal 1431 H)

Saya Umi (25Th) ingin bertanya tentang keluhan pada bagian kulit saya yang sudah sangat mengganggu sekali. Sudah 4 bulan keluhan ini tak kunjung sembuh, hilang timbul.Berawal dari kakak saya yg suka memakai pakaian saya,sekarang saya tertular. Rasanya sangat gatal dan muncul ruam kemerahan seperti bentol2 digigit semut, tapi keluhan ini hanya pada bagian kulit saya yang lembab saja terutama di sekitar selangkangan dan bokong (maaf ). Jujur saya malu kalau harus periksa ke dokter, mohon sarannya. Terima kasih.
Umi di Ciperna

087829XXXX
 
aslkm mba umi di ciperna,
Gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai sebab seperti jamur, alergi, respon tubuh yg terlalu berlebihan, infeksi parasit dll. Yang tersering adalah jamur. Gejala-gejala yang terdapat pada mba Umi kemungkinan mba menderita infeksi jamur.

Jamur dapat tumbuh di seluruh area kulit mulai kulit kepala sampai ujung kaki, bahkan dapat menginfeksi bagian dalam tubuh kita. Tanda-tanda dikulit dapat muncul bercak berwarna putih sampai berwarna gelap dan bagian tepi yang menebal atau berbatas tegas, kadang tedapat sisik atau serpihan halus bila digaruk. Beberapa jenis jamur sangat menyukai kulit yang lembab seperti dilipatan-lipatan kulit di ketiak, selangkangan, lipat payudara, bokong dll. Salah satu tanda khasnya adalah gatal hilang timbul terutama pada saat berkeringat. Infeksi Jamur dapat menular dan terus menyebar di kulit kita. Penyakit jamur pada kulit yang umum diketahui misalnya : panu, kadas atau kudis & ketombe.

Pengobatan Infeksi jamur membutuhkan waktu yang lama,kesabaran dan ketekunan, selain dengan obat-obatan (salep, bedak, shampoo, pil dll) yang dapat dibeli langsung atau dengan resep dokter, kebersihan diri juga harus sangat diperhatikan, terutama pada daerah-daerah yang cenderung berkeringat dan lembab. Pakaian, terutama pakaian dalam dan alat mandi harus sering diganti atau dicuci dan jangan dipakai bersama-sama. Apabila gatal jangan digaruk terlalu kencang sampai ada lecet, karena dapat menyebabkan timbulnya infeksi lain oleh bakteri atau kuman terutama bila kebersihan diri kita kurang.

Jika infeksi jamur sudah sangat menggangu & sulit disembuhkan dengan pengobatan sendiri, saya sarankan mba Umi untuk berobat ke dokter atau dokter spesialis kulit. Semoga penjelasan saya bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan. Wasalam.  
  dr. Kurniawan Oki P