Jul 22, 2010

Isi Perlengkapan P3K


First Aid atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan pasti semua sudah pada tahu. Tapi tahukah anda apa saja yang wajib ada d kotak First Aid atau P3K kita. Berikut benda wajib yang seharusnya ada & anda bisa menambahkan barang lain sesuai dengan kebutuhan anda.

Pinset

Banyak yang belum tahu bahwa pinset sangat berguna untuk P3K. Digunakan untuk membersihkan atau mengambil kotoran, batu atau kerikil, dan membersihkan luka agar tidak tersentuh tangan kita secara langsung. Jangan lupa pinset yang kita gunakan harus bersih.


Cream Atau Cairan Spray Penghilang Rasa Nyeri

Dapat digunakan untuk mengurangi nyeri gigitan serangga dan mengurangi rasa sakit di otot. Saat ini banyak tersedia di apotek – apotek.

Hand Sanitizer Dan Sarung Tangan Karet

Dengan hand sanitizer tangan anda menjadi bersih baik sebelum menangani luka atau setelah selesai menangani luka. Apabila tersedia sarung tangan karet lebih baik lagi, karena sarung tangan karet melindungi tangan kita dari kotoran dan darah.



Obat Anti Nyeri & Penurun Panas

Peralatan P3K belum lengkap jikat tidak tersedia obat anti nyeri dan penurun panas. Misalnya Paracetamol atau Acetaminophen, Ibuprofen, Aspilet dll, dengan berbagai merek dagang atau generic. Aspirin jangan diberikan pada anak-anak dibawah 18 tahun, karena resiko terkena reye’s syndrome.






Perban / Kassa dan Plester

Untuk luka, dapat dipergunakan perban / kassa dengan plesternya atau produk jadi seperti handyplast dll dengan berbagai ukuran untuk menutup luka sementara. Jangan lupa membawa gunting

Cairan Pembesih Luka

Sebelum luka ditutup, bersihkan terlebih dahulu dengan cairan antiseptic, atau dapat digunakan cairan lain yang steril seperti pembersih contact lens. Banyak merek yang tersedia, seperti betadine dll.

Krim Antibiotik

Krim antibiotic mempunyai beberapa fungsi, dapat melindung luka dari infeksi, mejaga agar tetap lembab dan dapat mencegah luka lengket dengan plester.




Obat Antihistamin

Dapat digunakan untuk pengobatan alergi, akibat dari gigitan serangga atau reaksi alergi lain. Hindari krim antihistamin karena pada beberapa orang dapat memperburuk reaksi alergi. Pada kasus alergi yang berat dapat digunakan epinephrine yang disuntikkan, obat ini dapat menyelamatkan nyawa pada kasus alergi berat yang disebabkan oleh gigitan serangga atau makanan.

Simpan Dalam Tempat Yang Aman dan Mudah Dijangkau

Setelah semua lengkap dapat kita simpan dalam wadah atau tempat yang tahan air dan mudah dijangkau.