Jul 17, 2010

Pikir – Pikir Lagi Sebelum Punya Tato

Tato aman ga sih…?
Coba liat disekitar kita, saat ini kita lebih mudah menemukan orang bertato bila dibandingkan dengan 5 atau 10 tahun yang lalu. Beberapa resiko dari tato seperti tersebarnya infeksi melalui jarum yang digunakan sudah lama kita ketahui, tetapi apakah kita juga mengetahui bahaya dari tinta yang dimasukkan ke kulit kita. Tato permanen menggunakan jarum untuk memasukkan tinta ke kulit kita.




Apa saja resiko tato?
  • Infeksi : Jarum yang tidak steril menjadi media untuk penularan beberapa penyakit seperti, HIV dan Hepatitis
  • Alergi : Beberapa orang mempunyai kecenderungan alergi terhadap tinta yang digunakan, baik pada tato permanen maupun tato non permanen.
  • Jaringan parut : Ini kita dapatkan akibat proses pengilangan tato permanen.
  • Granuloma : Sejenis kelainan pada kulit yang dapat timbul disekitar area tato
  • Komplikasi pada pemeriksaan MRI : Beberapa orang dapat mengalami bengkak atau kulit melepuh di tato mereka ketika dilakukan pemeriksaan MRI, walaupun jarang terjadi dan dapat menghilang dengan sendirinya.
Penelitian Mengenai Tinta Tato

Paul Howard Ph.D dan timnya dari FDA (BPPOM nya Amerika yang menjadi referensi di seluruh dunia) di laboratorium Arkansas-based National Center for Toxicological Research (NCTR), telah melakukan penelitian mengenai tinta yang digunakan di tato. Hasilnya :
  • NCRT menemukan bahwa sel – sel ditubuh dapat mencerna, menghancurkan dan mengeluarkan tinta dari dalam tubuh.
  • Sinar matahari dapat memecahkan tinta atau pigmen tato, sehingga warnanya akan menjadi berkurang.
  • Sel – sel kulit yang didalamnya terdapat tinta atau pigmen tato dapat hancur oleh sinar matahari dan hasil degradasinya tersebut dapat menyebar keseluruh tubuh.
Para peneliti ini juga menemukan bahwa tinta-tinta tersebut dapat memasuki kelenjar getah bening yang berdekatan dengan lokasi tato, tetapi mereka menemukan jawaban apakah ada pengaruhnya untuk kesehatan, dan penelitian sampai sekarang masih berlanjut.

Rekomendasi FDA Tentang Tato

Tinta:
  • FDA TIDAK PERNAH merekomendasikan penggunaan tinta atau pigmen untuk tato. Ini berlaku untuk semua jenis tinta atau pigmen yang disuntikkan kedalam kulit, termasuk tinta atau pigmen yang bersifat glow in the dark. Sebagian tinta atau pigmen yang digunakan tersebut sama dengan pewarna yang digunakan untuk tinta printer atau cat mobil.
  • Penggunaan henna untuk tato temporer juga TIDAK direkomendasikan oleh FDA. Henna hanya di rekomendasikan untuk penggunaan pada rambut.
Tato Permanen :
  • Menghilangkan atau menghapus tato permanen membutuhkan banyak waktu, biaya yang besar dan tidak selalu berhasil. Saat ini metode terkini penghilangan tato dengan menggunakan laser untuk memecahkan tinta di kulit. FDA telah memberikan rekomendasi mengenai penghilangan tato dengan metode laser. Beberapa jenis tinta tato sulit untuk di hancurkan dengan menggunakan laser, oleh karena itu proses penghilangan tato ini membutuhkan proses panjang dan tidak akan pernah hilang semua warna tato tersebut.
  • Jangan membeli atau mempergunanakan produk-produk penghilang tato permanen tanpa pengawasan dari ahlinya. Biasanya produk-produk ini bersifat asam, dapat menyebabkan kerusakan kulit dan pastinya tidak direkomdasikan oleh FDA.
  • Konsultasikan dengan tenaga medis atau ahli terpercaya untuk menghilangkan tatopermanen.
MRI & Tato Permanen :

Apa bila anda ingin melakukan pemeriksaan MRI, informasikan kepada radiologis atau dokter radiologi anda.


Untuk mengetahui lebih jelas tentang rekomendasi FDA lain kunjungi www.fda.gov .
Apakah anda rela kulit karunia ALLAH SWT dengan segala fungsinya yang kompleks dan sempurna anda tambahkan sesuatu buatan manusia didalamnya. Hak setiap orang untuk mentato atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat.