Jul 8, 2010

Apa sih penyebab kulit kering?

Siapa yang punya kulit kering ? bagi anda yang mempunyai kulit kering atau sangat kering pastinya sangat tidak nyaman. Barney Kenet, MD. seorang dermatologist dari New York Presbyteian Hospital and Weill Cornell Medical Center mengatakan “kulit kering merupakan hal yang umum terjadi.” Kulit kita merupakan pertahanan utama terutama tubuh kita. Penyebab kulit kering bermacam-macam, mulai dari hal yang sederhana sampai yang sangat kompleks.

Kulit yang sehat dan normal dilapisi oleh lapisan tipis yang terdiri dari lipid atau kandungan lemak yang menjaga kelembaban kulit, menjadikan kulit kita lembut dan lentur.

Berikut ini penyebab paling umum kulit kering

1. Penggunaan pelembab yang tidak tepat

Dalam buku “How to Wash Your Face“ kesalahan utama penggunaan pelembab pada kulit adalah menggunakannya pada saat kulit sudah kering, gunakan pelembab pada saat kulit ada masih lembab atau tidak kering, sehingga pelembab tersebut akan mempertahankan kelembaban kulit anda

Pilihlah pelembab yang tepat. Para ahli kulit menyarankan pada kulit kering sebaiknya menggunakan pelembab sedang (mild moisturizers) yang tidak megandung parfum atau alcohol.

Petronic-Rosic menyarankan anda untuk melakukan tes yang sederhana untuk pelembab anda, dengan cara : teteskan pelembab tersebut di telapak tangan anda, kemudian balikkan telapak tangan nda, jika pelembab tersebut menetes berarti kurang baik untuk kulit kering anda. Pelembab yang baik untk kulit kering harus licin, sedikit berminyak dan kental.

2. Udara yang kering

Udara yang kering meupakan penyebab umum terjadinya kulit kering, termasuk didalamnya kondisi lingkungan yang mengunakan AC. Untuk mencegahnya anda dapat menggunakan pelembab.

3. Mandi atau berendam air panas

Terlalu lama berendam atau mandi (khususnya dengan air panas) dapat menyebabkan berkurangnya minyak dan lapisan alami pelindung kulit kita.

Setelah mandi sebaiknya keringkan tubuh dengan cara menepuk-nepuk tubuh kita dengan handuk, cara ini lebih baik bila dibandingkan dengan menggosok badan kita dengan handuk, setelah itu gunakan pelembab.

4. Sabun

Jika kita menggunakan sabun secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya lapisan minyak pelindung kulit kita. Biasanya kita cenderung memakai sabun mandi secara berlebihan. Kita juga mempunyai kebiasaan menggosokkan badan kita dengan sabun selayaknya saat kita membersihkan lantai rumah kita…!!!??????.

Menurut petronic-rosic, bagi kita pekerja dalam ruangan atau anak sekolahan tidak dalam kondisi yang sangat kotor seperti pekerja lapangan dan lain-lain. Bagian tubuh yang memang membutuhkan sabun untuk membersihkannya adalah wajah, tangan, kaki, selangkangan dan sekitarnya dan ketiak. Bagian tubuh lain biasanya dapat kita bersihkan hanya dengan membasuhnya dengan air.

5. Pakaian yang menyebabkan kulit gatal

Kulit kering biasanya sensitive, jadi hindarilah pakaian yang bahan dasarnya kasar dan dapat menyebabkan gatal. Pakaian juga jangan terlalu ketat.

6. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan yang dapat menyebabkan kulit kering diantaranya :

• Obat-obatan diuretic

• Obat alergi (antihistamin)

• Obat jerawat (retinoid)

Apabila anda mengalami kulit kering setelah mengkonsumsi obat-obatan, hubungi dokter anda.

7. Penyakit dan kondisi di dalam tubuh kita

Biasanya kulit kering terjadi paa orang tua, terutama wanita, ini dapat disebabkan oleh perubahan hormonal. Beberapa contoh penyakit yang menyebabkan kulit kering :

• Eksim dan psoriasis

• Diabetes

• Hipotiroid

• Malnutrisi