Oct 26, 2010

Tips Aman Untuk Bertato

Pada dasarnya ada 2 alasan mengapa banyak orang mau mentato tubuhnya yaitu : untuk eksistensi diri dan menunjukkan keunikan diri dan untuk mendapatkan pengakuan sosial ataupun kelompok.
Seorang dermatologis dari University of Miami dermatologist Jonette Keri, MD, PhD. Mengatakan bahwa jangan mentato tubuh anda, karena kondisi kulit dan tubuh anda akan sangat berbeda pada saat tubuh di tato bila dibandingkan saat anda nanti berusia 60 tahun, anggapan masyarakat tentang tato juga masih banyak yang beranggapan negative. Efek samping dari tato juga banyak terjadi misalnya infeksi (HIV dan Hepatitis).
Saya tidak menganjurkan anda untuk bertato, tapi jika anda tetap ingin bertato berikut saran yang harus anda perhatikan :


Memilih Studio Tato.

Apabila anda ingin memiliki tato ditubuh anda, harus diingat bahwa tato permanen merupakan tindakan yang invasive yang menembus lapisan kulit kita dan kontak langsung dengan cairan tubuh dan darah kita.
Yakinkan diri anda bahwa studio tempat anda akan mentato tubuh anda dalam kondisi steril dan bersih (coba periksa kamar mandinya). Lebih  baik lagi anda mentato di studio yang mempunyai lisensi yang terus diperbaharui.
Periksa peralatan yang digunakan, harus steril dan bersih sama seperti yang terdapat di ruang dokter atau kamar operasi, karena sama-sama merupakan tindakan yang invasive.

Tips Tato Yang Aman

  • Jangan minum alcohol atau minum obat seperti aspirin semalam sebelum anda di tato.
  • Jangan Mentato tubuh anda jika seang sakit.
  • Yakinkan bahwa seluruh jarum yang digunakan baru, steril, dan hanya digunakan kepada anda (single use only)
  • Yakinkan bahwa studio tato tersebut mempunyai peralatan sterilisasi untuk membersihkan peralatan setelah digunakan (selain jarum & sarung tangan).
  • Yakinkan bahwa orang yang mentato tubuh anda mencuci tangan terlebih dahulu dan menggunakan sarung tangan yang steril. Lebih baik lagi seniman tato sudah mendapatkan pelatihan tenang pencegahan penyakit yang menular melalui darah.
  • Pastikan area mentato tubuh anda bebas dari perlengkapan yang tidak steril seperti botol air, debu dan barang-barang lain yang tidak ada hubungannya dengan mentato.
  • Minta daftar dari pewarna atau tinta yang digunakan dan informasi lengkapnya (warna, pembuat, kode produk, dll).
  • Setelah tubuh anda di tato, jaga kebersihan tubuh anda dan lebih baik meminum obat pencegahan untuk infeksi seperti antibiotic.
Sekali lagi saya tidak menyarankan anda untuk bertato, karena tato mengandung banyak resiko untuk kesehatan.
sumber : WebMD