Nov 6, 2010

Kebotakan Pada Pria

Masalah kerontokan rambut pada pria merupakan masalah yang umum. Sekitar 85% pria akan mengalami berkurangnya jumlah rambut saat usia 50 tahunan. Tetapi pada beberapa pria mengalami kerontokan rabut pada saat usia yang lebih muda misalnya sejak usia 21 tahun.

Apa Penyebab Kebotakan?
Lebih dari 95 % kebotakan pada pria merupakan pola kebotakan yang lazim atau pola yang umum dan mempunyai hubungan keturunan atau genetik.

Berhentilah Merokok?
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara merokok dan kebotakan pada pria yang menjadi semakin buruk.

Kondisi Kesehatan dengan Kebotakan Rambut
Kebotakan pada pria atau alopesia bukan merupakan masalah kesehatan. Tetapi kebotakan pada pria membuat anda mengalami masalah psikologis dan kepercayaan diri dan terlihat sedikit lebih tua.

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati
Mencegah kerontokan lebih baik dari pada mengobati dan mengganti dengan rambut tambahan.

Pengobatan Minoxidil ?
Walaupun tidak ada obat yang dapat mengobati kebotakan yang berpola pada pria (alopesia), tapi anda dapat memperlambatnya dengan menggunaan minoxidil. Minoxidil telah disetujui oleh FDA  untuk digunakan. Obat ini bekerja memperlambat kebotakan dan pada beberapa pria menumbuhkan rambut yang baru. Tetapi jika anda berhenti menggunakannya maka kebotakan akan muncul kembali.

Beberapa Pola Kebotakan Rambut Pada Pria
Berikut gambaran pola yang umum pada pria berdasarkan “The Norwood Scale” :



Salahkan Hormon Anda
Kebotakan pada pria disebabkan oleh hormon yang disebut DHT (dihidritestosteron), yang menyebabkan pengecilan folikel rambut sehingga tidak dapat tumbuh rambut.

Pengobatan Finasteride?
Finasteride memperlambat kebotakan dengan menghambat produksi DHT. Beberapa pria dapat menumbuhkan kembali rambutnya setelah pengobatan ini. Secara umum efek obat ini lebih baik daripada minoxidil. Wanita hamil tidak disarankan meminum obat ini karena dapat menyebabkan kecacatan pada janin.seperti minoxidil obat ini bekerja selama diminum dengan teratur, jika berhenti maka kebotakan akan muncul kembali.

Apa Itu Transplantasi Rambut ?

Sebelum & sesudah transplantasi rambut

Dokter akan mengambil rambut yang terdapat pada bagian belakan kepala anda yang berambut lebat, kemudian akan menanamkannya dibagian kepala yang botak. Transplantasi rambut membutuhkan biaya dan proses yang panjang, setelah enam bulan baru terlihat rambut itu terlihat normal.

Optimalkan Rambut Anda Yang Tersisa
Ada beberapa trik untuk model rambut yang bisa anda terapkan, seperti potong pendeklah rambut anda sehingga menyamarkan kebotakan anda bila dibandingkan dengan rambut yang sedikit panjang.

Berpikirlah Positif
Rambut tidak membentuk seorang “pria”. Optimalkan potensi diri anda yang lain daripada memikirkan bagaimana kondisi rambut dan kebotakan anda. Sebagai contoh Ed Harris, Patrick Stewart, dan Michael Jordan,yang mengalami kebotakan tetapi tetap bisa sukses dan hidup normal.

Semoga tips diatas bermanfaat.