Jun 27, 2010

Seputar Jerawat

Saya bukan ABG lagi, tapi kenapa saya masih punya jerawat ?
Pada dasarnya jerawat sama penyebabnya, yaitu peningkatan produksi kelenjar minyak dan bekteri. Setiap perubahan hormonal seperti pada kehamilan dan menstruasi dapat menyebabkan peningkatan produksi kelenjar minyak. Ance atau jerawat mempunyai kecenderungan bersifat familial, apabila orangtua anda mengalami jerawat setelah usia remaja, maka resiko anda akan menjadi lebih tinggi. Jerawat atau acne dapat muncul bahkan sampai usia 40 tahun.

Saya sudah sering cuci muka tapi kok komedo masih muncul, kenapa sih?
Mencuci muka tidak sepenuhnya bisa menghilangkan jerawat atau komedohitam (blackhead) dan komedo putih (whiteheads) kenapa? Komedo hitam ( Blackheads) terbentuk di bawah permukaan kulit, ketika minyak atau sebum bereaksi dengan udara dan menyumbat pori-pori sebagian atau total. Ketika sumbatan pori-pori bersifat total, maka yang muncul komedo putih (whiteheads).
Cucilah wajah anda 2 kali sehari, menggunakan mild cleanser dan air hangat,kuku jangan gunakan air yang terlalu panas.

Apakah pil KB dapat menyebabkan atau mengobati jerawat?
Pil KB dapat mengendalikan jerawat pada sebagian wanita. Hormone yang terdapat pada pil KB dapat menghambat hormone androgen. Hormone androgen dapat menyebabkan meningkatnyaproduksi kelenjar minyak pada kulit. Tetapi tidak semua jerawat dapat disebabkan oleh kada androgen yang tinggi, perkembanga bakteri pada kulit terutama pada pori-pori juga dapat menyebabkan jerawat.

Apakah make up bisa menyebabkan jerawat?
Ya. Segala sesuatu yang dioleskan di wajah cenderung untuk menyumbat pori-pori. Gunakan produk-produk yang Non-comedogenic and nonacnegenic, dan lebih dianjurkan menggunakan kosmetik yang berbentuk serbuk dibandingkan krim pada wajah yang mempunyai kecenderungan berjerawat.


Stres pekerjaan bisa ga menyebabkan jerawat?
Stress bukan penyebab utama jerawat. Lebih sering jerawat anda yang menyebabkan anda strees. Tetapi, pada beberapa orang stress dapat memperburuk jerawat.

Bener ga sih ada hubungan antara coklat dan jerawat ?
Sampai sekarang saya belum menemukan bukti ilmiah yang membuktikan coklat, makanan manis, atau makanan berminyak menyebabkan jerawat. Tapi apabila anda merasa setelah makan sesuatu wajah anda jadi berjerawat maka coba hindarilah makanan tersebut. Maanan manis dan berminyak lebih banyak berkontribusi pada penyakit diabetes dan penyakit jantung. Makanlah makanan sehat.

Gimana kalo ada jerawat yang besar-besar trus merah dan kaya bisul?
Jerawat seperti ini dapat mencetuskan rasa nyeri dan frustasi bagi penderita. Pada keadaan ini folikel tersumbat total. Apabila anda menderita jerawat seperti ini, hubungilah dokter anda karena membutuhkan pemberian antibiotic dan tindakan lain. Pemberian corticosteroid mungkin dapat mengurangi proses inflamasi, pemberian kriam retinoid juga dapat membantu. Jangan memecahkan atau mengutak-utik jerawat anda, karena dapat memperburuk keadaan, bahkan menibulkan jaringan parut.
Ada berapa jenis jerawat?
Secara umum terbagi menjadi 2:
· Komedo -- komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (white heads).
· Lesi Inflammasi -- papul (pimple), pustules (ada titik putih nanah), nodules or kista kecil.


Apakah jerawat selamanya ada dimuka atau badan saya?
Pada dasarnya, jerawat tidak tergantung dari usia, pada salah satu penelitian ditemukan bahwa jerawat dapat muncul sampai usia 44 tahun. Dan pada beberapa wanita jerawat berkurang setelah menopause. Jerawat ada obatnya, pada beberapa kasus membutuhkan beberapa kombinasi pemberian obat. Pengobatan biasanya berlangsung antara 4 – 12 minggu dan pada beberapa kasus bisa berlanjut dengan perawatan rutin.

Apa sih yang paling bagus buat ngobatin jerawat?
Pengobatan dengan menggunakan krim benzoyl peroxide, salicylic acid, atau alpha-hydroxy acid merupakan pilihan utama. Krim yang mengandung Retinoidsjuga dapat bekerja menghilangkan sumbatan pada folikel atau pori.
Dapat juga diberikan obat-obatan yang bekerja lebih kuat, seperti antibiotic, pil retinoid, penghambat androgen atau dosis rendah pil KB. Semua yang disebutkan diatas membutuhkan resep dokter, karena pengobatan dan kombinasi pengobatan tergantung pada derajat keparahan jerawat anda. Kesalahan penanganan akan memperburuk jerawat anda.

Bagaimana cara terbaik mencegah jerawat?
Dua strategi :
  1. Jangan sentuh-sentuh wajah anda, terutama yang berjerawat. Menyentuh atau bahkan mengutak-utik jerawat atau kulit wajah anda dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak, meningkatkan pertumbuhan bakteri dan mengiritasi kulit anda.
  2. Bersihkan minyak & kotoran di wajah anda.