Jun 22, 2010

Catatan Rubrik Kesehatan (kaligata)

Rubrik Keluarga & Hiburan, Harian Kabar Cirebon
Konsultasi Kesehatan
Sabtu-Pon, 15 Mei 2010 (27 Jumadil Awal 1431 H)


Saya Dewi (21), membaca tentang rubric kesehatan minggu kemarin tentang gatal-gatal, saya jadi ingin konsultasi tentang keluhan pada kulit. Sudah satu minggu ini muncul bentol-bentol di badan saya, rasanya gatal sekali terutama pada malam. Kata orang tua itu namanya kaligata, mohon penjelasan dok. Terima kasih.
Dewi di Tukmudal
08532406xxx

Mba Dewi di Tukmudal, gejala-gejala yang dialami atau kita biasa menyebut gejala kaligata memang cukup sering dikeluhkan. Kelainan ini dalam bahasa medis biasa disebut urtikaria, yang dapat muncul akibat adanya respon tubuh yang meningkat terhadap sesuatu atau alergi yang manifestasinya terjadi di kulit.
Gajala-gejala dapat berupa bentol-bentol berwarna kemerahan, coklat kemerahan sampai kehitaman pada kulit disertai gatal-gatal. Biasanya gejala muncul berhubungan dengan faktor-faktor luar tubuh, seperti gigitan serangga, udara dingin, kulit tersentuh sesuatu dll.
Gejala-gejala ini muncul akibat adanya respon atau reaksi alergi yang dapat merupakan keturunan atau tidak terutama bagi yang mempunyai riwayat alergi atau asma.
Pengobatan yang dapat dilakukan misalnya menggunakan bedak yang mengandung mentol / asam salisilat / bedak dingin untuk mengurangi rasa gatal. Bila pada keadaan yang lanjut dapat diberikan obat-obatan seperti antihistamine, bila dalam keadaan berat dapat diberikan obat-obatan yang langsung disuntikan ke dalam tubuh.
Yang terpenting, kita harus dapat mengetahui tanda-tanda atau situasi yang dapat menyebabkan gejala urtikaria / kaligata tersebut muncul, sehingga dapat kita hindari dan diwaspadai sebelu menimbulkan gejala. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

-dr. Kurniawan Oki P.-