Jun 27, 2010

Kecanduan HP atau Smartphone

Saat ini penggunaan HandPhone sudah menjadi sesuatu kebutuhan primer, mulai dari anak-anak sampai kakek-nenek. Berbagai kemudahan pun didapatkan dari HP atau smartphone kita, mulai dari fungsi dasar yaitu telp / sms sampai dengan chating, email, facebook, twitter bahkan mengambil gambar ataupun merekan kegiatan kita sehari-hari.
Apakah Smartphone atau Handphone Menyebabkan Kecanduan?
Seperti kita tau, smartphone kita gunakan diberbagai tempat dan situasi bahkan di kamar mandi atau diatas tempat tidur kita tetap tidak bisa lepas dari smartphone kita. Ketergantungan pada smartphones sampai sekarang memang belum jelas, tetapi ketergantungan atau adiksi terhadap computer an internet sudah diketahui, seperti yang dikatakan oleh David Greenfield, PhD, a West Hartford, Connecticut, seorang psychologist dan penulis dari Virtual Addiction: Help for Netheads, Cyberfreaks, and Those Who Love Them.
Greenfield juga mengatakan,”adiksi atau ketergantungan yang sesungguhnya adalah meningkatnya toleransi atau ambang batas dari sesuatu (narkoba atau alkohol) untuk mendapatkan sensasi “high”, terdapat rasa tidak nyaman ketika berhenti menggunakannya dan rasa kehilangan yang berdampak pada kehidupan kita.
Dalam bukunya Greenfield juga menyebutkan, teknologi computer dapat menyebabkan adiksi karena bersifat "psychoactive"; computer dapat merubah mood dan kadang mencetuskan kebahagiaan dan rasa bahagia. Email dan fitur internet lainnya (menurut saya mungkin seperti facebook atau twitter), dapat memberikan kita kepuasan / kebahagiaan, yang membuat kita penasaran apa lagi yang kita akan dapatkan seperti comment atau menunggu umpan balik dari sesuatu yang kita kirimkan seperti status atau comment,email dan lain sebagainya. Yang membiuat kita terus dan terus ingin membuka situs atau email kita.
Kalau menurut pendapat saya, pada sebagian orang fasilitas-fasilitas ini dapat menjadi solusi dari keadaan yang dihadapi, seperti tidak ada kerjaan, bengong, pelampiasan, cari jodoh, lambang eksistensi, silahturahmi, curhat dan lain-lain yang ujung-ujungnya menimbulkan kebahagiaan atau kepuasan pada diri kita.
Tentunya Smartphone atau handphone pada uumnya sekarang yang sudah dilegkapi dengan fitur-fitur tersebut, jadi menurut saya lagi, ada korelasinya karena kita tidak pelu menggunakan computer lagi, sebagian besar peran tersebut dapat diambil alih oleh smertphone atau handphone kita. Apakah kebiasaan ini sehat atau tidak, baik atau buruk? Tentu semua tergantung dari diri anda masing-masing, asalkan jangan sampai menggangu pekerjaan, aktifitas, membahayakan diri anda atau kehidupan keluarga anda.


Mengontrol Penggunaan Smartphone atau Handphone Anda
Geregetan atau gatel tangan kita mau cek Facebook, Twitter, Email, atau Blackbery messenger, dibawah ini ada tips yang saya dapatkan dari Greenfield untuk mengontrol penggunaan Smartphone atau HP anda :
  • Be conscious of the situations and emotions that make you want to check your phone.
  • Be strong when your phone beeps or rings. You don't always have to answer it. In fact, you can avoid temptation by turning off the alert signals.
  • Be disciplined about not using your device in certain situations (such as when you're with your family or driving) or at certain hours (for example, between 8 p.m. and 7 a.m.).
    (Silahkan anda terjemahkan sendiri)