Jun 22, 2010

Catatan Rubrik kesehatan (wasir / ambeyen)

Rubrik Keluarga & Hiburan, Harian Kabar Cirebon
Konsultasi Kesehatan
Sabtu-Legi, 3 April 2010, 17 Rabiul Akhir 1431 H


Saya Muryono, usia 45 tahun. Saya bekerja sebagai sopir di sebuah perusahaan swasta. Sudah 2 tahun ini saya punya keluhan wasir. Selama ini, saya hanya berobat jalan saja. Tapi, seminggu ini buang air saya disertai lender dan darah. Mohon saran dok. Saya belum siap bila harus operasi.
Muryono di Argasunya
08132465xxxx


Pak Muryono, wasir atau alam istilah medis kita sebut haemorrhoid adalah suatu pembengkakan & inflamasi pada pembuluh darah vena di daerah anus.berdasarkan letaknya terbagi menjadi 2 jenis yaitu interna dan eksterna.
Wasir juga mempunyai tingkata, yang pertama mulai dari buang iar besar berdarah tanpa rasa nyeri, kedua munjulnya benjola dari anus saat buang air besar / mengejan yang kemudian menghilang. Ketiga, benjolan yang keluar dari anus dapat masuk kembali kedalam anus leat bantuan kita. Keempat, benjlan tersebut tidak dapat masuk kembali ke anus. Dua tingkatan terakhir biasanya disertai dengan rasa nyeri.
Untuk tingkatan pertama dan kedua bisa diobati dengan penanganan konvensional, seperti obat-obatan dan perubahan gaya hidup, tetapi untuk tingkat ketiga dan keempat disarankan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter, seperti operasi dll.
Untuk mencegah wasir bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung serat. Lalu, kurangi kebiasaan mengejan pada saat BAB.
Saya sarankan pak Muryono memeriksakan diri kedokter atau rumah sakit terdekat, untuk mengetahui apakah buang air besar berdarah yang pak Muryono derita itu disebabkan oleh wasir atau karena sebab lain, missal infeksi saluran pencernaan, fistel, abses dll. Serta untuk mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan. Semoga penjelasan saya bermanfaat bagi Pak Muryono, mohon maaf bila ada kekurangan. Terima kasih.

-dr. Kurniawan Oki P.-