Jun 22, 2010

Catatan rubrik kesehatan ( Tumbuh kembang anak - 1 )

Rubrik Keluarga, Harian Mitra Dialog – Cirebon –
Konsultasi Kesehatan
Sabtu-Legi, 14 November 2009, 26 Dzulqadah 1430 H


ASSALAMU’ALAIKUM Dokter, saya mau mengkonsultasikan masalah pertumbuhan dan perkembangan anak yang tidak sesuai dengan anak lain pada umumnya. Usia anak saya sudah 25 bulan, berat badan 12 kg tapi belum bisa berjalan dan bicaranya hanya kata-kata “mama” saja. Padahal saat lahir normal, usia kandungan 9 bulan, berat badan lahir 3,5 kg dan panjang badan 49 cm. saya khawatir sekali dengan kondisi anak. Mohon penjelasannya. Terima kasih.


Imas di Mundu
08131307xxxx


-dr.Kurniawan Oki P-

WA’ALAIKUMSALAM Wr. Wb. Terima kasih atas pertanyaan dari ibu Imas. Mari kita analisa permasalahan tumbuh kembang anak ibu, berdasarkan informasi yang diberikan. Untuk pertumbuhannya terlebih dahulu, pada waktu lahir berat badan (BB) dan panjang badan anak ibu dalam kisaran normal.
Pada usia 2 tahun seharusnya berat badan sekitar 11-14 kg. untuk keadaan sekarang keadaan anak ibu dalam kndisi normal. Untuk panjang / tinggi badan informasinya kurang jelas.
Untuk perkembangannya, bagi anak usia 2 tahun seharusnya sudah bisa berjalan lancar, berlari-lari kecil, berkomunikasi sosial dengan lingkungan sekitar, perbendaharaan kata juga banyak. Perkembangan anak ibu saat ini sesui informasi yang diberikan sesuai dengan perkembangan anak usia 8-12 bulan.
Penyebab terjadinnya gangguan tumbuh kembang bisa bermacam-macam, seperti infeksi sampai dengan gangguan system syaraf. Gejala pada anak ibu mengarah pada gangguan perkembangan, khususnya cerebal palsy.
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai gangguan perkembangan dan penyebabnya, saya sarankan ibu memeriksakan anak ibu ke rumah sakit atau dokter spesialis anak terdekat. Semoga penjelasan saya bisa dimengerti, mohon maaf bila aa kekurangan. Terima kasih.