Jan 9, 2011

Waspadai 13 Tanda Awal Kanker Pada Wanita

Berikut ini tanda awal dari kanker yang harus para wanita waspadai, karena semakin awal kanker di deteksi semakin besar pula tingkat kesembuhannya.
1.     Penurunan Berat Badan Tanpa Sebab Yang Jelas
Beberapa wanita senang berat badanya turun, tetapi jika penurunan berat badan tanpa usaha yang jelas seperti diet atau olahraga lainnya sebanyak 5 kg dalam waktu sebulan, maka periksakan diri anda ke dokter. Bisa jadu merupakan tanda kanker atau penyakit lain yang berhubungan dengan kelenjar tiroid.
2.     Perubahan Pada Payudara
Wapada apabila terjadi tanda-tanda berikut : kemerahan dan keriputan, perubahan pada putting susu, keluar secret dari putting susu, nyeri pada payudara yang persisten maka anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

3.     Perdarahan Diantara Siklus Haid atan Perdarahan Yang Tidak Lazim
Menurut Debbie Saslow, PhD, direktur  “Breast and gynecologic cancer” the American Cancer Society di Atlanta, salah satu kanker yang dapat terjadi diantaranya kanker endometrial
4.     Perubahan Pada Kulit
Perubahan aneh pada tahi lalat atau pigmen pada kulit dan munculnya perdarahan dan luka yang tidak jelas pada kulit anda harus diwaspadai mengarah kepada kanker kulit
  
5.     Kesulitan Menelan
Menurut Leonard Lichtenfeld, MD, deputy chief medical officer di the American Cancer Society, apabila anda mengalami kesulitan menelan atau tanpa disadari pola makan anda berubah ke makanan yang semakin lunak dan cair akibat kesulitan menelan, waspadalah terhadap salah satu kanker di saluran cerna.

6.     Perdarahan Ditempat Yang Tidak Lazim
Perdrahan yang berlangsung sekali tidak perlu dikhawatirkan, tetapi bila terjai sering dan berulang patut anda waspadai. Apabila BAB anda berdarah kemungkinan anda mengalami wasir atau hemorrhoid, bisa juga merupakan tanda dari kanker kolon.
Apabila darah keluar pada saat anda di toilet selan dari vagina, patut dicurigai berasal darikantung kencing atau gangguan di ginjal yang dapat berarti sebuah kanker.
Coughing atau batuk berdarah juga perlu anda waspadai terutama bagi anda perokok.

7.     Nyeri Perut dan Depresi
Setiap wanita yang mengalami nyeri di abdomen atau perut dan berkembang menjadi depresi, waspadai gejala dari kanker pancreas, karena penelitian terbaru menyebutkan adanya hubungan antara depression dan pancreatic cancer.
8.     Perubahan Di Rongga Mulut
Menurut American Cancer Society, para wanita perokok perlu waspada terhadap munculnya titik putih (leukoplakia) pada rongga mulut atau di lidah (tongue), keduanya dapat merupakan lesi prekanker yang dapat berkembang menjadi kanker.

9.     Nyeri
Sebagian besar nyeri bukan berasal dari kanker, tetapi jika nyeri teru-menerus anda rasakan dan semakin bertambah berat tidak berkurang dengan pengobatan, waspadai merupakan gejala kanker, periksakan diri anda kedokter.

10.  Perubahan Di Kelenjar Getah Bening
Apabila kelenjar getah bening anda membesar seperti di leher, ketiak, lipat paha dan lain-lain, seperti bengkak, nyeri terutama dalam jangka waktu tidak lebih dari satu bulan, periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

11.  Demam
Apabila anda menderita demam yang tidak berhubungan dengan influenza atau infeksi lain, bisa jadi merupakan tanda kanker.or other infection, it could point to cancer. Fevers more often occur after cancer has spread from its originsalah satunya leukemia atau lymphoma

12.  Cepat Lelah Tanpa Sebab Yang Jelas
Fatigue atau kelelahan merupakan tanda kanker yang samar. Biasanya muncul setelah kanker berkembang seperti leukemia atau kanker kolon dan lambung.
13.  Batuk Persisten
Batuk berhubungan dengan flu, allergies, dan beberapa merupakan efek samping dari efek samping pengobatan. Tapi batuk yang lama (lebih dari 3 – 4 minggu) harus kita waspadai, terutama bagi para perokok.

Sumber : WebMD, The American Cancer Society