Jan 9, 2011

14 Tanda Awal Kanker Pada Pria


Pria harus waspada terhadap tanda awal kanker, dimana pada tahap awal kanker dapat lebih mudah diobati.

1.     Benjolan Pada Payudara Pria
Bukan hanya wanita yang bsa menderita kanker payudara, laki-laki juga bisa menderita kanker tersebut. Berikut ini tanda-tanda kanker payudara pada pria maupun wanita yang saya dapatkan dari The American Cancer Society yaitu : kulit yang mencekung kedalam, puting susu yang tertarik, kemerahan pada puting susu atau kulit payudara, keluar Cairan atau sekret dari puting susu




2.     Nyeri
Menurut the American Cancer Society, apabila anda merasakan nyeri yang menetap dan terus-menerus periksakan diri anda ke dokter.

3.     Perubahan Pada Testis atau Biji Kemaluan Anda
Kanker testis sering terjadi pada usia 20 sampai 39 tahun. The American Cancer Society dan beberapa ahli merekomendasikan pemeriksaan testis pada paria yang melakukan general check up, dan melakukan pemeriksaan testis sendiri atau pun dilakukan oleh pasangannya secara rutin.
Perubahan pada testis :
·         Perubahan ukuran, bentuk dan atau muncul bengkak
·         Rasa berat pada testis
·         Nyeri pada testis

4.      Pembesaran Kelenjar Getah Bening
Menurut Hannah Linden, MD. medical oncologist dan asisten professor di University of Washington School of Medicine, apabila anda mengalami pembesara kelenjar getah bening pada leher, ketiak, lipatan paha atau daerah lain yang progresif, segera periksakan diri anda ke dokter. Karena selain sebagai kanker tersendiri, pembesaran kelenjar ini juga sebagai tanda penyebaran kanker.

5.     Demam Atau Panas Badan
Menurut American Cancer Society, sebagian besar kanker dapat menyebabkan demam, terutama demam yang tidak dapat dijelaskan dari mana munculnya atau tidak ditemukan tanda infeksi. Salah satunya kanker yang mengenai sel darah.

6.     Penurunan Berat Badan Yang Cepat dan Tidak Jelas
Apabila seorang pria kehilangan 10% berat badannya dalam hitungan minggu, maka periksakan ke dokter.

7.      Rasa Tidak Nyaman Di Perut dan Depresi
Para peneliti menghubungkan kondisi ini dengan gejala kanker pankreas, terutaa bila ditambah gejal tubuh menjadi kuning atau BAB berwarna pucat.

8.     Mudah Lelah
Merupakan gejala sama dari kanker, tetapi bila ditambah dengan gejala lain maka harus berhati-hati.

9.     Batuk Menetap
Batuk menetap (lebih dari 3 minggu) terutama bagi anda perokok, berhati-hatilah saluran nafas anda terserang kanker.

10.  Kesulitan Menelan
Dapat merupakan gejala kanker pada saluran cerna, seperti kanker esofagus.

11.  Perubahan Pada Kulit
Mary Daly, MD. Seorang oncologist dan kepala department of clinical genetics di the Fox Chase Cancer Center di Philadelphia, mengatakan bila muncul kehitaman atau tahi lalat berubah secara progresiv, atau kulit ang terus berdarah atau bernanah periksakan diri anda ke dokter.
.
12.  Keluar Darah Dari Tubuh Anda
Apabila keluar darah dari tubuh yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti batuk berdarah, feses, dan urine sudah saatnya anda periksa ke dokter.

13.  Perubahan Pada Mulut
Apabila anda seorang perokok, waspadalah pada bintik putih (leukoplakia) di rongga mulut anda, bisa jadi itu merupakan lesi prekanker yang dapat berubah menjadi kanker mulut.

14.  Masalah Dalam Berkemih
Semakin bertambah usia, maka masalah berkemih mulai muncul. Berbagai gejala seperti tidak dapat menahan BAK, frekuensi BAK meningkat, rasa tidak tuntas san BAK, nyeri saat BAK, keluar darah atau nanah. Kejadian tersering masalah berkemih pada pria usia lanjut adalah BPH (benign Prostat Hyperplasia) yaitu pembesaran prostat yang dapat juga berkembang menjadi kanker prostat.