Jun 30, 2011

10 Tips Penghilang Stress


1.     Tertawa terbahak-bahak

Setiap anda tertawa, anda akan meningkatkan peredaran oksigen ke organ tubuh beserta aliran darahnya. Faktanya, bila anda hanya memikirkan tentang sesuatu yang lucu dan belum tertawa saja sudah dapat mengurangi hormone stress anda, apalagi sampai tertawa terbahak-bahak.



2.     Bermain dengan hewan peliharaan

Ketika anda bermain dengan binatang peliharaan yang anda sukai, beberapa menit saja maka tubuh anda akan melepaskan beberapa hormone yang memacu kebahagiaan seperti serotonin, prolactin dan oxytocin. Pada waktu yang bersamaan akan dapat mengurangi hormon stress dan menurunkan tekanan darah, kepanikan dan bahkan meningkatkan sistim imun tubauh anda.



3.     Merapikan kamar atau rumah

Dikelilingi oleh barang – barang yang berserakan akan memancing stress, menimbulkan kepanikan terutama ketika anda membutuhkan sesuatu yang sulit ditemukan ditengah tumpukan barang yang berserakan. Maka rapikan kamar atau rumah anda sekaligus dapat membakar kalori anda sampai 250 kalori.


  
       4.      Berkebun

Aroma potongan rumput atau tanaman kebun dapat menimbulkan perasaan rileks. Para peneliti mnyebutkan, zat kimia yang dilepaskan oleh rumput ketika terpotong dapat menyebabkan terhambatnya pelepasan hormone stress.

5.     Minum jus jeruk

Para peneliti menyebutkan vitamin C dapat membantu seseorang untuk mengontrol stress nya lebih baik, dengan cara mengurangi hormone stress seperti cortisol. Sumber-sumber vitamin C seperti : jus jeruk, jus anggur, strawberries juga dapat menigkatkan daya tahan tubuh.



6.     Jalan santai

Jalan santai dan olahraga ringan dapat mengurangiu stress, dengan cara membantu tubuh untuk menghasilkan endorphin ( neurotransmitter pada otak yang buat kita merasa bahagia dan baik)

7.     Mengunyah permen karet

Mengunyak permen karet selain memperbaiki aroma mulut kita, juga dapat mengurangi kepanikan dan stress. Para peneliti menyebutkan, permen karet ini dapat meningkatkan kondisi mental dan membuat kita rileks dalam menghadapi masalah dan problem.



8.     Bercinta

Bercinta merupakan jalan keluar yang baik untuk menghilangkan stress dan mengurangi tekanan yang anda rasakan. Bercinta dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kedekatan dengan pasangan dan dapat membuat kita tertidur lebih nyenyak.



9.     Aroma terapi

Aroma terapi bukan hanya untuk spa. Dimanapun anda berada menghirup aroma lavender atau rosemary dapat menimbulkan perasaan yang rileks. Juga mengurangi hormon stress seperti cortisol.
Tetapi hanya menarik nafas dalam juga dapat mengurangi stress, dan mengantarkan oksigen berlimpah keseluruh tubuh yang membantu tubuh kita menjadi lebih tenang dan rileks.

 

10. Bernyanyi

Menyanyi walaupun nada yang anda nyanyikan tidak pas, dapat membuat anda lebih bahagia. Menyanyi juga dapat memperbaiki mood dan membuat stress berkurang, terutama bila dilakukan bersama-sama orang terdekat anda seperti ditempat karaoke dll. (ok)

Sumber : Mayo Clinic, ScienceDaily, WebMD, Music Performance Research: survey of choristers in England, Australia and Germany."
Picture : WebMD